Senin, 13 Juni 2011

wisata religi part III

@ Mekkah

Hari minggu pukul 08.30 pagi rombongan kami meninggalkan kota madinah untuk mengambil miqot di masjid Bir Ali.jarak tempuhnya sekitar satu jam.disana, kami sholat sunah dua rokaat.

di pelataran masjid Bir Ali

Disana pula tempat memulai niat dan memakai pakaian ihrom bagi laki-laki.Untuk wanita, pakaian bebas dan menutup aurat. Mas dan sebagian rombongan laki-laki udah pakai pakaian ihrom dari hotel.

di pelataran Masjid Bir Ali

Saat di bus pembimbing kami memberikan arahan singkat,lalu kami berniat ihrom bersama2 : "Labbaikallahumma umrotan" setelah itu bus mulai meluncur menuju ke kota Mekkah Al Mukaromah sembari mengucap kalimah talbiyah sepanjang jalan.

kondisi tubuh saya masih belum pulih saat itu.Dalam hati saya berdoa semoga mampu melaksakan ritual umroh langsung setiba di kota mekkah.
perjalanan mekkah-medinah sekitar lima setengah jam,tapi kami sempat istirat beberapa kali dan juga lunch di warung yang ada di SPBU.

jam 3 sore,tibalah kami di hotel.istirahat sebentar disana.jam 4.00 mas ngajakin ke masjidil haram untuk melaksanakan umroh.tidak ada koordinasi dari pihak travel, jadi kami umroh sendiri2.
Hotel kami tidak terlalu dekat dari masjidil haram.ditempuh dengan jalan kaki sekitar setengah jam, menyebrang jalan di bawah fly over.

Ka'bah (Baitullah)

Akhirnyaaa kami sampai di masjidil haram.Subhanallahhh...saat pertama kali melihat Ka'bah,tak terasa air mata saya jatuh.Ya Allah terimakasih atas NikmatMu ini..Langsung kami melaksanakan ritual thawaf mengelilingi ka'bah 7x.

Dilanjutkan Sa'i berlari2 kecil antara bukit Shafa dan Marwa.

kemudian tahallul mencukur rambut ato memotong sebagian kecil rambut di sebelah kanan,kiri dan tengah, di sunahkan dipotongkan oleh orang yang sebelumnya sudah tahallul. Kami mencari orang yang sekiranya sudah komplit umrohnya dan bermuka asia untuk meminta tolong,hehehe.Akhirnya kami bertemu warga Malaysia,salah satu rombongan membantu memotong rambut mas.setelah itu pinjam gunting dan mas yg memotong rambut saya.Alhamdulillah kami sudah menyelesaikan rukun umroh pas sesaat sebelum adzan maghrib.

Saya tidak bisa melanjutkan sholat isya' karena masih tidak fit.Kemudian kami memutuskan pulang ke hotel,saya langsung minum obat dan tepar.Shubuh saya jg msh blm bs ikutan,mas berangkat sendiri ke Masjid.Alhamdulillah pagi harinya kondisi saya mulai pulih.bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa.

di pelataran Masjidil Haram

Untuk kondisi cuaca mekkah lebih panas dari kota medinah.Disana kami menginap selama 5 hari. Tidak ada jadwal tour yang diadakan oleh travel,hiks,padahal sebenarnya pengen berziarah ke tempat2 bersejarah...mau pergi sendiri juga gak berani,kami tidak tahu medan.Paspor kami juga tdk di tangan dan tidak ada name tag.

di dalam Masjidil Haram
d

untuk makanan tetap cari sendiri. Alhamdulillah di hari kedua kami langsung menemukan resto indo,dari penjaga resto arab yang ternyata orang surabaya, y wes boso jowone metu kabeh hihihi...

Alhamdulillah sehari sebelum pulang,koordinator mengumumkan akan ada tour seputar kota mekkah...asyikkk...dan hari kamis pagi tour di mulai.

@ gua hiro'

Pertama tempat yang kami kunjungi adalah gua Hiro'.Rasullullah dulu sering mendatangi tempat itu untuk berkhalwat(menyendiri_penj),hingga turun wahyu yg pertama surat al alaq ayat 1-5. kami tidak bisa naik ke gua karena cuaca dan waktu yg sedikit.

yang kedua ke mina,tempat mabit dan melempar jumroh,Disana kami kami turun dari bus untuk melihat dari dekat,tapi cuma sampai pelataran aja,gak di ijinin masuk.

saat di mina

kemudian ke jabal rohmah.
Di jabal rohmah ada satu kejadian yang membuat kami sangat marah.bermula saat orang lokal menawari kami untuk poto polarid,emang udah jadul lah,orang zaman skrg sudah banyak yang pake kamera digital.Niat awal kami membantu dia.awalnya dia bilang 10 riyal,kami setuju.nah kami di poto mulai dari kaki bukit ampe puncak.begitu mo dibayar bilangnya 100 riyal,naik pitamlah mas.saking keselnya dia,dikasihkn semua uang 100 riyal n semua poto2 kami tidak di ambil,sepertiny orangnya mulai segan lihat muka mas.dibalikinlah uang tu separo,mas tetep gak mau ambil.akhirnya saya minta mas untuk menyudahi pertengkaran itu.Barulah mas menghentikan dan menerima foto dan kembalian 40 riyal.
Bukan masalah uang yang kami ributkan,tapi masalahnya adalah cara dia tdk fair dan membohongi orang,kami merasa harus membela diri.tidak seharusnya mereka memaksa kami untuk ikhlas n ridho dengan jurus kata2 "halal ya,halal".gmn mo halal kalo cara mencari uangnya tidak bener,ya haram lah.udah brp orang yg dia kibulin kek gitu.y weslah,kami berusaha meredam emosi setelah itu.
jam 11.30 kami tiba di hotel lagi.

pose dulu di depan jabal nur

terakhir kami ke Gua Tsur. tempat Nabi bersembunyi dari kafir quroisy saat hendak berhijrah ke Madinah.Kami tidak naik ke puncak karena cuaca cukup menyengat,korlap kami juga memberi waktu sebentar turun dari bus.

di area jabal tsur

jam 11.30 kami tiba di hotel lagi.